Rabu, 09 Desember 2020

Kesehatan Gigi Era Covid-19

 


Sejak munculnya cluster covid-19 di Indonesia, banyak sistem kehidupan berubah tak terkecuali sektor kesehatan gigi dan mulut. Berbagai layanan kesehatan gigi dan mulut sempat terhenti karena proses penularan covid-19 berasal dari cipratan droplets. Namun era New Normal mulai diterapkan. Layanan kesehatan gigi dan mulut mulai diadakan kembali. Dengan bebrbagai langkah pencegahan diharapkan masyarakat dapat menerima layanan kesehatan gigi dan mulut di tengah pandemi. Lalu apa saja yang harus kita laksanakan sebagai tenaga kesehatan gigi dan mulut dalam memberi pelayanan kesehatan ?

1. Gunakan APD lengkap

APD lengkap harus digunakan untuk mencegah semaksimal mungkin penularan virus. Masker, penutup kepala, kacamata googles, apron, handscoon, alas kaki. APD yang disarankan adalah level 2-3.




 (cr. inaheart.org)

2.    Cek suhu pasien dan riwayat perjalanan

Hal ini sangat penting dilakukan. Sebelum pasien melakukan perawatan usahakan suhu pasien normal dan riwayat perjalanan. Dengan melakukan pengecekan ini kita dapat menentukan pasien tersebut layak untuk diberikan perawatan atau tidak.

 

3.    Segera lakukan sterilisasi dan desinfeksi alat

Lakukan sterilisasi dan deinfeksi terhadap alat yang digunakan dan dental chair. Hal ini dapat meminimalisir bakteri atau virus hinggap pada alat.

 

4.    Buang APD setelah digunakan

Setelah pelayanan selesai, lepaskanlah APD dan buanglah pada tempatnya.

 

5.    Jaga kebersihan diri dan kesehatan

Segeralah mandi seusai melakukan pelayanan. Gantilah baju yang digunakan dan rendam dengan larutan detergen. Jangan lupa konsumsi vitamin dan rajin berolahraga untuk meningkatkan imunitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musim Jeruk Penghujung Desember

            Jeruk merupakan salah satu buah yang mudah untuk kita jumpai di Indonesia.  Pada bulan Desember ini banyak sekali toko buah baik...